Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Penjualan Rumah dan Apartemen Masih jadi Kontributor Utama Pendapatan Lippo Cikarang  

Peluncuran Newville.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) mengumumkan laporan keuangan tahun 2022 yang berakhir pada 31 Desember 2022 atau FY22, dengan perseroan meraup total pendapatan sebesar Rp1.268 miliar yang didorong oleh pendapatan dari segmen residensial dan industrial.

CEO PT Lippo Cikarang Tbk Rudy Halim menjelaskan, dalam hal kontribusi pendapatan, penjualan dari rumah hunian dan apartemen masih menjadi kontributor utama dengan proporsi 41 persen dari total pendapatan di 2022, dimana penjualan rumah hunian mendominasi sebesar 31 persen dari total pendapatan atau senilai Rp397 miliar.

“Sebelumnya pada  2021 pendapatan didominasi oleh apartemen dengan proporsi 51 persen dari total pendapatan,” jelasnya.

Sementara itu, laba kotor perseroan di  2022 dapat dipertahankan stabil pada Rp672 miliar dengan adanya perubahan bauran pendapatan, di mana didominasi oleh pendapatan dari rumah tapak.

Dikatakan, dengan adanya perubahan komposisi penjualan tersebut, tingkat margin laba kotor perseroan dapat meningkat menjadi 53 persen dari 37 persen pada tahun lalu.

Dilaporkan pula, walaupun beban usaha mengalami kenaikan sebesar delapan persen dibanding tahun sebelumnya, beban usaha di 2022 masih berada pada tingkat yang sehat dengan nilai total sebesar Rp271 miliar. Kenaikan ini seiring dengan meningkatnya aktivitas perusahaan setelah pandemi Covid-19.

Satu hal yang juga membanggakan, menurutnya, Perseroan pun sukses meningkatkan performa EBITDA dengan tingkat margin yang lebih baik menjadi 34 persen dibandingkan tahun sebelumnya di level 25 persen. Disebutkan, selama 2022, perseroan berhasil mencatatkan EBITDA dengan nilai Rp426 miliar.

Disebutkan, pencapain pra penjualan dari rumah tapak juga didorong oleh peluncuran perdana seri rumah tapak Cendana Homes di Cikarang dengan branding Cendana Spark yang memiliki lokasi strategis di depan Central Park.

Rudy mengatakan, peluncuran produk ini sebagai jawaban atas tingginya permintaan dari para pembeli milenial yang membutuhkan rumah pertama dengan desain modern namun tetap mewah. Serah terima Cendana Spark dijadwalkan pada 18 – 24 bulan sejak peluncuran produk pada September 2022.

Selain itu, peseroan juga meluncurkan produk apartemen ‘low-rise’ dengan branding Newville.

Ya, Lippo Cikarang dikenal sebagai kota pilihan untuk tinggal di koridor timur Jakarta, dengan budaya multikultural Jepang, Korea, dan Cina.

Untuk memenuhi keunikan ini, menurutnya, Perseroan meluncurkan produk Newville pada 26 November 2022 dengan konsep baru apartemen low-rise yang menyatu dengan blok komersial. Rudy mengatakan, pihaknya melihat banyak peluang pertumbuhan di industri properti.

“Selama 2022, terdapat banyak tantangan yang dihadapi oleh sektor properti seperti kenaikan harga bahan bakar dan inflasi yang meningkat. Namun dengan bauran produk yang tepat, kami tetap dapat mempertahankan kinerja yang baik dalam mencapai pra-penjualan 2022,” ujarnya.

“Kedepannya, kami akan tetap mempertahankan momentum pertumbuhan ini, melakukan bauran produk yang tepat serta terus melanjutkan pembangunan untuk dapat melakukan serah terima tepat waktu kepada para konsumen kami,” pungkas Rudy. (oke)

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin