Berita Bekasi Nomor Satu

Katakan yang Benar Sekalipun Pahit

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Seseorang yang beriman kepada Allah swt dan hari akhir, ia akan senantiasa menjaga lisannya sehingga ia tidak akan mengucapkan ucapan atau perkataan apapun kecuali yang baik dan yang benar. Ia meyakini bahwasanya Allah swt adalah Dzat Yang Maha Mendengar dan Yang Maha Mengetahui, sehingga setiap ucapan apapun yang diucapkan, dapat diketahui-Nya bahkan dicatat oleh para malaikat utusan-Nya. Allah swt berfirman, “Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaff:18)

Nabi Muhammad saw dikenal dengan sebutan “Al-Amin” karena kejujurannya. Beliau dikenal sangat jujur, tidak pernah menipu siapapun, tidak pernah mengurangi takaran ataupun timbangan, juga tidak pernah memberikan sumpah palsu serta janji-janji belaka.

Oleh sebab itu, Allah swt memberikan kecaman kepada seseorang yang mengatakan sesuatu lalu ia tidak memenuhinya, “Wahai orang-orang yang beriman, mengapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS. As-Shaff: 2-3)

Dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa ayat ini merupakan pengingkaran Allah terhadap seseorang yang mengatakan sesesuatu dan tidak melaksanakannya. Imam Qatadah berkata, “ayat ini mewajibkan semua orang yang telah mewajibkan dirinya mengerjakan sebuah amalan ketaatan, bahwa dia harus memenuhi hal itu.”

Nabi Muhammad saw juga pernah memberikan sebuah nasihat kepada salah seorang sahabat yang mulia yaitu Abu Dzarr. Beliau bersabda, “Katakan yang benar sekalipun itu pahit.”(HR. Imam Baihaqi). Beliau shallalllahu ailihi wa sallam ingin memberikan pesan agar ini dijadikan sebuah prinsip dan pedoman hidup bahwasanya kebenaran tetaplah kebenaran yang harus diterapkan meskipun mendapatkan celaan, hinaan, atau bahkan kecaman.

Prinsip inilah yang dipertahankan oleh Imam Ahmad bin Hanbal bin Hilal ketika terjadi sebuah fitnah besar Khalqul Quran. Penguasa Abbasiyah yaitu khalifah Al-Ma’mun memiliki pandangan bahwa Al-Quran adalah makhluk. Sang Imam menolak untuk sefaham dengan penguasa. Menurut beliau, Al-Quran adalah kalamullah bukanlah makhluk yang akan selalu terpelihara keaslian dan keontentikannya seperti yang dijanjikan oleh Allah swt dalam surat Al-Hijr ayat 8, Allah swt berfirman“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” Karena hal inilah beliau disiksa dan dimasukkan ke dalam penjara. (*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin