Begini Prediksi Kiper Timnas Indonesia, Jelang Laga Terakhir Kontra Filipina

Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata saat ditemui di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Sabtu (31/12/2022) malam. Foto: Amjad/JPNN.com

RADARBEKASI.ID, MANILA – Pertandingan terakhir Timnas Indonesia pada laga Grup A Piala AFF 2022 melawan Filipina akan digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023) pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB.

Penjaga gawang Timnas Indonesia Nadeo Argawinata mengatakan skuadnya akan mewaspadai bola-bola panjang Filipina.

”Prediksi saya, mereka akan mengandalkan bola-bola ke arah belakang kami, dalam artian bola long ball,” kata Nadeo di Manila, Filipina, Sabtu malam.

Penjaga gawang klub Bali United itu memprediksi Filipina akan memanfaatkan kelebihan postur para pemainnya untuk menyerang.

BACA JUGA: Jelang Laga Kontra Filipina, Timnas Indonesia Dilarang Main Medsos sampai Raih Gelar Juara Piala AFF 2022

Pernyataan Nadeo tidak mengada-ada. Pasalnya, komposisi tim Filipina yang diisi nama-nama keturunan Amerika Serikat dan Eropa seperti Stephen Shrock, Mark Hartmann, Julian Swarzer, dan Kenshiro Daniels.

“Pemain Filipina berpostur bagus dan tinggi besar,” tutur Nadeo. Filipina, lanjut Nadeo, juga diuntungkan oleh status tuan rumah sehingga sangat mengenal betul Stadion Rizal Memorial yang menggunakan rumput buatan.

”Mereka sangat paham bagaimana bermain di sini,” kata Nadeo.

Timnas Indonesia akan menyegel slot semifinal jika imbang atau mengalahkan tuan rumah Filipina.

Untuk menjadi juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand, yang diprediksi juga memenangkan laga terakhirnya melawan Kamboja pada hari yang sama.

Saat ini Indonesia berada pada peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8).

Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit pada peringkat ketiga dengan enam poin (tiga laga, selisih gol +4), lalu di bawahnya Filipina dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin.

Filipina dan Brunei sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022. (jpnn)